Diskusi dan Sosialisasi Hasil Kajian Kasus Keracunan Obat dan Makanan Bersama PRKOM Badan POM
18 November 2021 11:25
Berita Aktual

#SahabatBPOM Kalbar, Pusat Riset dan Kajian Obat dan Makanan (PRKOM) Badan POM hadir di Balai Besar POM di Pontianak dalam rangka Sosialisasi Hasil Kajian Analisis Data Kasus Keracunan Obat dan Makanan Tahun 2021 (17/11).  

Koordinator Kelompok Substansi Informasi dan Komunikasi, Marry Oktovina Dameria memaparkan mengenai Profil Kasus Keracunan di Provinsi Kalimantan Barat periode 2020 -2021, koordinasi Pelaporan Kejadian Luar Biasa Keracunan Pangan (KLB-KP), keracunan, dan kendala yang dihadapi.

Koordinator Kelompok Substansi Riset dan Kajian Program Pengawasan Obat dan Makanan PRKOM, Sri Murhandini memaparkan mengenai hasil Kajian Analisis Data Kasus Keracunan Dalam Rangka Pengawasan Obat dan Makanan Tahun 2021. Dalam  pemaparannya, terdapat beberapa saran dan rekomendasi untuk pengembangan sistem pelaporan KLB KP dan kasus keracunan.

PRKOM juga memberikan sosialisasi mengenai Pedoman Umum Riset/Kajian Obat dan Makanan yang menjadi pedoman bagi seluruh unit kerja di lingkungan BPOM, termasuk Unit Pelaksana Teknis, yang akan melaksanakan Riset/Kajian sehingga dapat menghasilkan Riset/Kajian yang memiliki daya ungkit, berkualitas dan bermanfaat bagi organisasi BPOM. PRKOM juga memperkenalkan Sistem Informasi Riset (SIR) sebagai media informasi dan sarana publikasi berbasis website yang digunakan untuk mendiseminasikan kegiatan PRKOM serta menjadi wadah pengetahuan yang dapat diakses oleh stakeholder dan masyarakat. Portal dapat diakses melalui domain https://riset.pom.go.id.